 |
Motor Kesayangan ane |
Assalammualaikum mas bro dan mbak bro hehe...apa kabar mas bro dan mbak bro semoga baik baik saja ya hehe... alhamdulillah setelah kuliah 3 semester ane di anugerahkan motor baru yakni sonic 150r hehe(bukan bermaksud pamer) motor ini merupakan motor yang ane idam idamkan dari zaman sma dan baru kesampaian di kuliah semester 3 ini.Yang akan ane bahas di sini bukanlah motor ane tapi komponen penting di sepeda motor yakni oli,oli Ibaratkan makanan untuk motor oleh karena itu penting untuk memilih jenis oli yang bagus untuk motor kesayangan agan agan sekalian di sini saya akan membahas oli apa saja yang pernah ane pakai di Motor ane di honda sonic 150r,sebelum lanjut ke review ane mau ngingetin di sini yang ane tulis pengalaman yang ane rasakan mengenai oli oli yang pernah ane pakai dan ane tidak bermaksud sama sekali menjelek elekan sebuah produk dan ane juga tidak bermaksud promosi gan hehehe dan gak di endorrs sama sekali oleh produsen apapu.ok langsung aja kita ke Review
1.Ahm Oil Mpx-1
Di bulan pertama dari pembelian motor sudah menunukan 1000km yang artinya motor ane wajib di service "loh gan cepet banget sebulan udah 1000km aja" wajar motor ane cepet naik km nya yakan di pake untuk kuliah skaligus ngojol (ojek online) ya kebetulan ane kuliah nyambi ngojek buat uang saku kan lumayan hehehe,..kembali ke topik dalam keteranga buku service ane 1000km pertama dapat Gratiss!!! Jasa servise dan ganti oli,wah menurut ane lumayan ahh..ambil semuanya aja Jasa service dan Olinya pastinya,Pihak Ahass memberikan oli andalan dari produk nya yakni oli ahm oil,nah pas itu ane ditunjukin "ini oli gratissnya mas" biasa nya kalau motor sport 150 cc honda makenya spx-1 ini kok mpx-1 ya gak masalah yang penting dituang gratis hehehe oli ahm oil mpx-1 ini merupakan olin semi sintetik memiliki Spesifikasi SAE:10W-30, API-SL, JASO:MA dan yang ane dapat berkapasitas 1,2L "Loh kok 1,2 gan bukannya 1 liter doang" sekilas info untuk mesih honda k56(Allnew CB150r,Allnew CBR150r,Sonic,Supra GTR) memiliki takaran oli 1,1L gan bahkan jika setelah turun mesin bisa 1,3L gan jadi ya wajar pihak honda menyediakan oli tersebut berukuran 1,2 L. "Gan cepet langsung ke reviewnya penasaran nih"ok dengan berat hati saya agak kecewa dengan oli ini gan, kenapa?karena mesin motor ane jadi cepat panas yang di tandai oleh kipas radiator yang berputar sangatlah kencang udah kaya baling baling pesawat hehehe...dan juga ketika mesin panas suka selip susah ke gigi 1 atau ke netral serta memiliki durabilitas yang rendah karena di km 1500san udah ane rasain motor kyanya udah minta diganti aja ini olinya dan ane putuskanlah di km 1600san untuk mengganti oli.
2.Castrol Power 1
Setelah kapok menggunakan oli ahm oil MPX-1 dari saran pakde ane yang nyaranin "pake nih oli ini buat mesin lumayan nih gak gampang panas,suhu stabil,dan durabilitasnya lumayan awet"ok akhirnya ane coba dan ternyata benar gan pakde ane gak bohong mesin ane gak gampang panas terbukti dengan kipas radiator yang gak sering nyala kenceng kalau pun nyala gak sekencang saat pemakaian MPX-1.Saat pemakaian pertama ane juga sdikit menyesal "kenapa lagi gan??" "apa oli nya kurang bagus" bukan karena oli nya kurang bagus karena ane terlalu menuruti buku pedoman yakni di km2000 harus diganti ternyata yang di buku pedoman pemilik itu khusus buat oli ahm oil bukan oli merk lain karena masing masing pabrikan oli memiliki durabilitas yang berbeda beda.Nah pada saat saya ingin menggati teman ane yang juga seorang mekanik nanya"Yakin Bro mau di ganti Masih 2000km bro mubazir oli" ane tetep teguh untuk mengganti oli nya dan benar saja yang temen ane bilang ternyata oli nya masih bagus dan layak dipakai sampai 1000km berikutnya,yahh..mau gimana lagi nasi sudah menjadi bubur karena oli yang sudah keluar menurunkan kualitas jika ane kembalikan lagi jadi ane putuskan dengan mengganti nya dengan yang baru nah pada saat pemakaian ke-2 benar benar semakin memuaskan oli ini memiliki durabilitas yang cukup lama dari prediksi,semula ane memprediksi kira kira 3000km apakah harus ganti ternyata pas ane drop test oli nya di km3000an masih bagus dan belum ada tanda minta ganti dan baru terganti oleh oli yang baru pada km3800san(hampir 4000an gan) untuk oli motor lumayan long drain nih,oh ya spesifikasi oli ini SAE 10W-40 API Service SL JASO MA2 dari kekentalannya memang lebih kental dari pada oli ahm oil yang kekentalannya hanya10W-30 jadi wajar waar aja jika oli ini mampu meredam panas di jalanan macet dan tidak gampang selip di saat suhu mesin tinggi dan oli ini di bengkel langganan ane di banderol dengan harga Rp.48.0000(tidak semua bengkel mematok harga yang sama) cukup terjangkau untuk ukuran kantong ane seorang mahasiswa sekaligus driver ojol hehehe....
3.Pertamina Fastron Diesel(awal tersesat)
Dari saran temen ane yang juga seorang mekanik menyarankan untuk menggunakan oli mesin diesel supaya daya pembersihan serta peforma motor ane menjadi lebih maksimal. "apa motor pake oli mesin diesel???emang aman gan" aman gan selama kita melihat spek oli nya karena dari segi bahan bahan oli tersebut tidak jauh beda dengan oli motor dan oli ini juga tersedia ukuran 1L dengan harga gak jauh beda dengan oli motor,ya kalau boleh jujur awal awalnya ane juga ragu gan buat pake oli HDEO tapi setelah saran dari teman ane dan ane buka facebook dan masuk grup LDIC(long drain interval community on facebook)ternyata udah banyak juga yang memakai oli mesin diesel dan ane lihat ada yang sedang membongkar mesin motor nya dan WOW!! kinclong gan dan saat itu juga ane membranikan diri untuk tersesat emm maksudnya memakai oli mesin diesel karena masih tahap flusing(penggantian dari oli motor ke diesel) awal awal pemakaian memang tarikan motor ane jadi agak sedikit ngemposs tapi tenang gan itu hanya bersifat sementara karena di km500san ke atas beneran enak banget apa lagi ketika mesin panas,karena dasarnya oli diesel tingkat keenakannya saat suhu mesin tinggi dan tentu saja oli ini mampu meredan panas mesin karena tipe mesin diesel lebih panas dari pada mesin bensin gan,"ada efek sampingnya gak gan???"oh ada yaitu kanvas rem cepat habis karena bawaannya pengen ngebut melulu,mesin pengen di bore up terus biar tambah enak,jika raider tidak bisa mengendalikan bisa berakibat fatal hehehe tapi efek itu semua tergantung cara berkendara ya gan hehehe tapi untuk mesin sejauh ini tidak ada masalah sama sekali gan,spek oli ini
 |
Hasil Dari pemakaian oli diesel
sumber:www.fedheltuner.blogspot.com |
SAE 15W-40 API CI4 secara spesifikasi oli ini cocok untuk mesin motor karena di grup LDIC juga sudah banyak yang menggunakan oli jenis ini dan sejauh ini yang ane rasakan dari penggunaan oli ini baik baik saja dan saat ini motor ane hampir menginjak km 3700san belum ada tanda minta ganti oli pada umumnya oli motor di km ini sudah harus diganti tapi ini belum dan dari hasil drop test belum ada tanda oli minta ganti,"gan ngomong ngomong soal harga berapa ya harga oli ini???"ane beli oli ini di situs jual beli online seharga Rp.55.000(tiap bengekel dan pelapak online shop memetok harga yang berbeda beda)cukup terjangkau dan harga tidak jauh dengan oli motor serta oli ini memang lebih longdrain gan cocok untuk ane yang mahasiswa sekaligus driver hehehe...oli ni recomended untuk yang mau coba nih gan.
oh ya sebelum nya apasih itu drop test oli,ya itu akan ane bahas di postingan berikut nya.Ane ucapkan terimakasih bagi para pembaca dan sekali lagi disini saya tidak bermaksud menjelek-jelekan sebuah brand produk sama sekali disini saya hanya menceritakan sekaligus review dari penggunaan oli oli di atas,Apa bila ada kekurangan atau salah salah kata mohon di maafkan
wassalammualaikum
Salam satu aspal.
kenalpot nya pake apa gan
BalasHapusSekarang masih pakai fastron ga bg,jawab bg...pengen nyoba juga nih
BalasHapusKalo Km 13500 pake oli apa bang yang bagus?
HapusCobain enduro racing dong bang..
BalasHapusKapasitas oli motor sonic berapa liter ya gan soal nya saya pemula ni
BalasHapus